-->

15/12/2023

Penobatan Raja dan Sajian 5 Tarian Khas Lumajang Meriahkan Prosesi Harjalu ke-768

Penobatan Raja dan Sajian 5 Tarian Khas Lumajang Meriahkan Prosesi Harjalu ke-768


Lumajang, (onenewsjatim)
- Puncak prosesi Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 768 yang dilaksanakan di Alun-Alun Lumajang kali ini cukup meriah,Jumat (15/12/2023). 

Rangkaian prosesi di Pendopo Arya Wiraraja, yang diisi dengan teatrikal penobatan raja Lumajang di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang. 

Dari pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Pj. Bupati Lumajang bersama jajaran Forkopimda dengan menggunakan pakaian hitam khas Lumajang era kolonial yang dulunya busana serupa pernah dikenakan oleh R. M. Singowiguno di depan Kepatihan Lumajang tahun 1910 berjalan kaki menuju lokasi upacara. 

Upacara harjalu cukup berbeda dengan tahun sebelumnya dalam pelaksanaan upacara kali ini menggunakan bahasa Jawa. 

Prosesi harjalu diikuti peserta upacara di ikuti seluruh OPD dengan menggunakan pakaian khas Lumajang dan para pelajar menggunakan pakaian budaya. 

Pantauan media nampak masyarakat Lumajang sangat antusias menyaksikan Prosesi Harjalu dan Lumajang Carnival bernuansa jawa. 

Peringatan Harjalu di meriahkan 5 tarian khas Lumajang diantaranya Tari Glipang, Godril, Topeng Kaliwungu, Jaran Kencak dan Jaran Slining yang dikemas secara medley.

Pj. Bupati Lumajang Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan ini jumat berkah karena hari ini Lumajang bertambah usia. 

"Lumajang bertambah usia malah bertambah maju dan bertambah cantik kotanya," Ujarnya. 

Menurutnya, Peringatan upacara hari jadi Lumajang dilakukan dengan prosesi budaya. 

"Kenapa dilakukan prosesi budaya ini bisa dinikmati oleh warga masyarakat Lumajang," Ujarnya. 

Yuyun menyampaikan, peringatan harjalu harus bisa menurunkan angka kemiskinan dan stunting. 

Selain itu, meningkatkan nilai IPM( Indek Pembagunan Manusia) di kabupaten ini Lumajang  sudah meningkat. Walaupun satu tingkat satu peringkat. Saat ini memang nilai dalam kapasitas kategori sedang. 

"Kita harus bisa menurunkan angka stanting dan meningkatkan nila IPM kita karena pada saat ini nilainya kategori sedang dan juga meningkatkan perekonomian Masyarakat bisa meningkatkan daya beli masyarakat itu yang harus kita tingkatkan tapi kami dari  jajaran stakholder memohon dukungannya," Tuturnya (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close