-->

09/12/2023

Sambut HUT ke-128, BRI Cabang Lumajang Bersih-Bersih Sungai dan Penanaman Pohon

Sambut HUT ke-128, BRI Cabang Lumajang Bersih-Bersih Sungai dan Penanaman Pohon


Lumajang, (onenewsjatim)-
Menyambut HUT BRI ke-128 pada 16 Desember 2023, BRI Cabang Lumajang menggelar aksi bersih-bersih sunagi dan penanaman pohon.

Kegiatan Pembersihan Sungai Kali Temi, Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, kabupaten Lumajang, Sabtu (9/12/2023).

Pimpinan Kantor BRI Cabang Lumajang, Akhmad Awaludin  mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT BRI ke-128 tahun.

"Aksi lingkungan kita hari ini melibatkan masyarakat sekitar, sehingga bisa membuat sungai jadi lebih bersih dan bermanfaat untuk masyarakat yang tinggal di sekitar sini. ," kata Awaludin.

Ia menjelaskan program ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dan mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak boleh membuang sampah sungai karena dampaknya akan ke semua masyarakat jadi akan menimbulkan banjir dan lain-lain," tuturnya.

Awaludin menuturkan, sampah yang sudah dikumpulkan di kantong plastik, nantinya akan dikumpulkan Bank Sampah.

"Setelah itu kita pilah-pilah yang non organik, dan organik, jadi nanti kita timbang dan dilaporkan ke BRI Kantor Pusat. Kemudian di serahkan ke Bank Sampah," jelasnya.

Selain itu, BRI Peduli juga menyerahkan bantuan simbolis 1 unit mesin pencacah sampah plastik, 1 unit gerobak sampah, 2 unit tempat sampah pemisah besar dan seragam bank sampah.

"Kita juga melakukan penanaman 25 bibit pohon tasbih buah di sekitaran pinggiran sungai Kali temi sampai dam  Sari turno" ujarnya.

Awalludin menyampaikan bahwa program BRI peduli berupa BRI menanam diselaraskan dengan gerakan jaga sungai, jaga kehidupan,  dan program pemanfaatan sampah

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh BRI seluruh Kanwil Malang ada 30 kota dengan program yang sama salah satunya di Kabupaten Lumajang," Ujarnya. 

Awaludin menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai agar berfungsi sebagaimana mestinya tidak  membuang sampah sembarangan dan juga program penghijauan serta program pemanfaatan sampah yg pelaksanaannya dibantu oleh BRI Research Institute UB Malang. 

Sementara itu, Lurah Jogoyudan Setyo Aji berharap kepada masyarakat dengan adanya bersih-bersih sungai kali temi ini untuk lebih sadar dengan bersih-bersih sungai, karena sungai bagian dari kehidupan masyarakat sendiri.

"Harapan kedepannya semoga BRI Cabang Lumajang lebih maju lebih banyak lagi CSR dibidang lingkungan. Kenapa diilngkungan, karena perlu perhatian dari BUMN maupun pengusaha," ujarnya

Ia menyampaikan banyak terima kasih atas diberikan kepercayaan Kelurahan Jogoyudan yang meliputi di wilayah RW 3 untuk menerima Program BRI Peduli. 

"Semoga ini akan membawa masyarakat untuk memilah sampah  yang diharapkan dengan pemilihan sampah ada efek ekonomi untuk lingkungan dan nanti ada banyak manfaatnya," bebernya. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close