-->

21/03/2024

Jelang Lebaran BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Trilun Untuk Penukaran Uang Baru

Jelang Lebaran BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Trilun Untuk Penukaran Uang Baru


Jember, (DOC)
- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jember dikemas daiam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMB1) 2024 yang beitema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah"

Dalam rangka mendukung program semarak Serambi 2024 M/1445 Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekeriasama dengan perbankan menyiapkan uang tunai sebesar 1,9 trilun triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lima kabupaten wilayah kerja.

"Kami bekerja sama dengan pihak perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp1.990.477.000.000 untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran," kata Kepala Perwakilan BI Jember Gunawan saat peluncuran program penukaran uang rupiah di Kantor BI.

Gunawan memastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran di daerah wilayah kerja BI Jember yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

"Sementara itu jumlah proyeksi kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan di wilayah kerja BI Jember sebesar Rp1.964.699.000.000, sehingga kami menyiapkan uang Rupiah lebih banyak," tuturnya.

Layanan Kas Keliling Bersama Perbankan ( BRI, Mandiri, Bank Iatim dan CIMB Niaga ) of Kabupaten Iember direncanakan akan dilaksanakan pada tangga1 19 Maret 2024 of Roxy Mall sekaligus pelaksanaan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMB1) 2024 KPWBI Iember

"Kita membuka layanan penukaran uang pecahan rupiah di alun – alun Jember bersama sembilan perbankan pada 2 April 2024," ujarnya.

Gunawan menambahkan, Kas keliling dalam kota dan Iuar kota juga digencarkan selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri tahun 2024 yang diagendakan sebanyak 8 kali termasuk kas keliling pada area mudik yaitu di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Pelabuhan langkar Situbondo pada awal April 2024

"Masyarakat yang akan melakukan penukaran melalui layanan yang disediakan oleh BI Jember dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR pada alamat https://pintar.bi.go.id/," katanya.

Mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, mein perluas kepersetaan Bl-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, sena mendorong Penyedia Iasa Pembayaran (Pip) guna menghadapi perilngkatan transaksi of bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

"Armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran," tutur Gunawan. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close