-->

25/03/2024

Masjid Dikebonagung Seperti Kerajaan Kesan Akulturasi Budayanya Melekat

 Masjid Dikebonagung Seperti Kerajaan Kesan Akulturasi Budayanya Melekat


Lumajang, (Onenewsjatim)
-Bangunan Masjid Jami' Baiturrahman di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memiliki ornamen yang unik dan merah seperti kerajaan.

Masjid yang berada di tikungan Jalan lemongan ini seperti kerajaan kesannya akulturasi budaya melekat.

Nampak terlihat ornamen pintu masuk masjid Jami’ Baiturrohim menarik perhatian. Bentuknya tinggi besar terdapat ukiran dan motif yang sangat cantik.

Terkesan seperti bangunan kerajaan, ditambah bagian kubahnya makin menonjolkan kesan islamisasi. Selain itu, paduan cat yang digunakan nampak seperti ada kilauan yang membuat masjid semakin hidup.

“Pertama kesini sudah jatuh cinta sama bangunannya megah. Kebanyakan bangunan masjid sederhana dan identik dengan tulisan arab, tapi kalau ini berbeda. Seperti akulturasi budaya,” ucap Solehudin pengunjung masjid.

Tak heran, jika banyak warga yang datang beribadah. Ditambah selama ramadan, masjid tersebut kian ramai dengan kegiatan membagikan takjil, tarawih dan ditutup dengan tadarus.

Siang hari pun, intensitas warga yang datang cukup banyak. Terutama warga sekitar menyempatkan diri untuk beribadah. Tak menutup kemungkinan warga luar daerah pun sering singgah.

“Masjid disini buka 24 jam, selama ramadan makin ramai. Karena lokasinya strategis bangunannya luas. Ditambah bentuk bangunan masjid terbilang menarik,” pungkas relawan masjid Satupan. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close