-->

05/04/2024

KAI Daop 9 Jember Sediakan 192.808 Tempat Duduk Selama Angkutan Lebaran 2024

KAI Daop 9 Jember Sediakan 192.808 Tempat Duduk Selama Angkutan Lebaran 2024



Jember, (Onenewsjatim) - Masa Angkutan Lebaran 2024 semakin dekat. Momentum masyarakat Indonesia dalam merayakan hari raya Idulfitri adalah dengan mudik ke kampung halaman.

Acara mudik ke kampung halaman ini, masyarakat memanfaatkan berbagai moda transportasi, salah satunya Kereta Api.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember pada masa Angkutan Lebaran 2024 siap mengakomodasi para pemudik yang akan pulang kampung dengan menyediakan kapasitas total 192.808 tempat duduk. 

"Total 192.808 tempat duduk untuk 24 perjalanan kereta api dari wilayah Daop 9 Jember menuju beberapa kota tujuan," Ujar Vice President Daop 9 Jember Buntar Ris Wirawan. 

Pada Lebaran tahun 2024 ini, KAI telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas tempat duduk dengan dioperasikannya dua kereta api tambahan, yaitu KA Mutiara Timur relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP dan KA Tambahan Ketapang – Jember PP.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI Daop 9 Jember juga menempatkan petugas untuk melakukan penjagaan ekstra di 26 titik perlintasan yang selama ini tidak terjaga tetapi ramai digunakan oleh masyarakat dan menambah jadwal pemeriksaan oleh Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ). 

"Menimbang kondisi cuaca yang tidak menentu, KAI Daop 9 Jember juga menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di delapan lokasi, antara lain di Stasiun Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Jember, Kalisat, Kalibaru dan Stasiun Ketapang," Jelas Buntar. 

Untuk meningkatkan keamanan serta keselamatan perjalanan kereta api, KAI Daop 9 Jember juga dibantu personil pengamanan dari TNI dan Polri, sebanyak 36 personil akan turut mengamankan baik di stasiun maupun di jalur KA.

Buntar menambahkan, pihak Daop 9 Jember berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang melakukan test urine di Stasiun Jember kepada sejumlah Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari Masinis dan Asisten Masinis. 

Selain itu Teknisi Kereta Api (TKA), Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), Kondektur, Pimpinan Perjalanan Kereta Api (PPKA) hingga Petugas Langsir (PLR) di Daop 9 Jember untuk memastikan SDM benar-benar sehat dan siap melayani pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2024.

"Dari sampling 34 petugas yang di tes, hasilnya semua dinyatakan negatif dari pengaruh obat terlarang. Selain pemeriksaan urine, setiap petugas sebelum berangkat juga dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat termasuk juga assesmen untuk memberikan jaminan kepada para pelanggan kereta api mulai dari berangkat hingga tiba di tujuan dengan aman dan selamat," Jelasnya. 

Dari total 192.808 tempat duduk yang disediakan oleh KAI Daop 9 Jember, sampai hari ini tiket yang telah terjual sebanyak 125.920 atau 65% dari kapasitas yang tersedia. Sedangkan untuk keberangkatan penumpang dari wilayah Daop 9 Jember hari ini, Jumat (5/4/2024) sebanyak 8.393 pelanggan. Sedangkan total penumpang yang sudah dilayani di Daop 9 Jember mulai Minggu, (31/3/2024) sampai Jumat (5/4/2024) sebanyak 45.075 pelanggan. 

Bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan kereta api dari wilayah Daop 9 Jember menuju beberapa kota seperti Cirebon, Yogyakarta, Cilacap dan Semarang, tiket masih tersedia untuk beberapa tanggal, para pelanggan bisa mengecek ketersediaan tiket melalui website kai.id maupun aplikasi Access by KAI.

“KAI Daop 9 Jember berkomitmen menghadirkan mudik ceria penuh makna pada Angkutan Lebaran 2024 kali ini dengan perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman dan berkesan,” tutup Buntar. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close