-->

29/04/2024

Tekan Inflasi, Pj. Bupati Ajak Warga Tanam Cabai dan Bawang Merah

Tekan Inflasi, Pj. Bupati Ajak Warga Tanam Cabai dan Bawang Merah


Lumajang,(Onenewsjatim)
– Upaya tekan inflasi, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni melakukan Launching Gerakan Penanaman Cabai dan Bawang Merah di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Senin (29/4/2024).

Gerakan tersebut bertujuan mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan pangan. Termasuk keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian daerah.

Acara itu di tandai dengan penanaman bibit oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni bersama Forkopimda.

Pj. Bupati Indah Wahyuni menyatakan, dengan memanfaatkan perkarangan, bisa mendapatkan keuntungan bagi keluarga dan kesehatan lingkungan.

“Saya mengajak warga untuk melakukan gerakan tanaman di perkarangannya sendiri,” ujar Yuyun.

Ia mengimbau menanam cepat panen dan pemanfaatan lahan pekarangan tidak hanya di Desa Karangsari saja. Tapi di ikuti seluruh desa dan kecamatan se-Kabupaten Lumajang.

“Sehingga ini membawa dampak positif, yang pertama untuk pemenuhan keluarga, ketahanan pangan. Hal itu untuk tekan inflasi di Lumajang,” tandasnya.

Lebih lanjut Indah Wahyuni, menjelaskan, melalui kegiatan gerakan penanaman cabe, bawang merah dan tanaman sayur lainnya, dirinya berharap dapat memperdayakan masyarakat khusus-nya di tingkat Desa.

“Kami juga menyampaikan, ASN, maupun Non ASN, BUMD. unsur swasta, pemuda dan tokoh masyarakat untuk bersama melakukan gerakan tanaman cabe, tanaman komoditas cepat panet di perkarangan,” jelasnya.

Ia pun berharap, pemanfaatan hasil perkarangan, dapat melengkapi kebutuhan gizi keluarga. “Kita juga dapat mengendalikan angka stunting di wilayah Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (Imam) 


Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close