-->

29/05/2024

Pj. Bupati Berharap Petani Muda Bisa Gerakan Ekonomi di Lumajang

Pj. Bupati Berharap Petani Muda Bisa Gerakan Ekonomi di Lumajang


Lumajang (Onenewsjatim)
- Program inovatifnya, "Menabung Kopi," telah memberikan dampak signifikan pada pemberdayaan petani kopi di Gucialit,  Kabupaten Lumajang.

Menabung kopi merupakan inovasi pemuda yang dilakukan Nur Kholifah pemilik Bale Kopi Gucialit.

Nur Kholifah ini juga finalis Young Ambassador Agriculture 2024 yang merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani/pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Lumajang memberikan dukungan penuh terhadap inovasi menabung kopi. 

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Nur Kholifah ini juga bisa dilakukan dan di tiru oleh generasi muda," ujar Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni usai mengunjungi Bale Kopi Gucialit, Rabu (29/5/2024).

Indah berharap bertambahnya petani milenial yang bisa menggerakkan ekonomi di Lumajang.

"Kami berharap banyak pemuda di Kabupaten Lumajang untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengoptimalkan potensi lokal," terang Yuyun, sapaan karibnya.

Melalui program tersebut, petani dapat menyimpan sebagian hasil panen sebagai tabungan yang bisa diambil sewaktu-waktu, memberikan stabilitas finansial dan mengurangi dampak fluktuasi harga kopi.

"Mbak Nur Kholifah adalah contoh inspiratif bagaimana seorang pemuda dapat memanfaatkan ide kreatif untuk memajukan daerahnya. Saya berharap semakin banyak putra daerah yang menyusul kesuksesan Mbak Nur dengan mengembangkan potensi lokal mereka masing-masing," tambah Yuyun.

Pemerintah akan menggandeng Bank jatim atau pun Himbara, untuk memberikan dukungan modal para petani milenial muda.

"Kopi di Bale Kopi ini belum masuk di minimarket. Karena masih dipakai di internal penggemar kopi. Tetapi sudah masuk di toko oleh-oleh," jelas Indah.

Sementara itu, Nur Kholifah menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari pemerintah dan berharap langkahnya dapat menginspirasi pemuda lain di Lumajang.

"Saya tergerak untuk terus melakukan kegiatan pemberdayaan khususnya kepada para petani kopi, mengembangkan potensi dan lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas," ujarnya.(Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close