-->

22/06/2024

Perayaan Kasada 2024, Diwarnai Kebakaran Hutan di Kawasan Bromo

Perayaan Kasada 2024, Diwarnai Kebakaran Hutan di Kawasan Bromo


Probolinggo, (Onenewsjatim)
  - Perayaan upacara adat Yadnya Kasada 2024 oleh Suku Tengger, diwarnai oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

Aries Setiawan, petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengatakan, sebagian wilayah Gunung Bathok, yang berada di belakang Pura Agung Lautan Pasir itu mulai terbakar.

"Kalau kemunculan api itu sendiri disinyalir pada pagi hari, sekitar pukul 05.00 WIB, tepat ketika prosesi umat hindu merayakan ritual kasada, saat itu mereka sedang melakukan tahapan larung sesaji di bibir kawah," terangnya, pada sabtu (22/6/2024) siang.

Karena kobaran api nampak dan bisa terlihat dari titik pantau, alhasil pihak BPBD menuju lokasi tersebut dan langsung melakukan proses pemadaman.

"Kami berupaya memadamkan api dengan gebyok, sabit, dan beberapa mobil tangki untuk memadamkan api, dan berharap api tidak sampai meluas," ungkapnya.

Sementara itu, Kades Ngadisari sekaligus dukun pandita Sunaryono mengatakan, kebakaran hutan yang terjadi selama ritual kasada tidak sampai berdampak.

"Ya beruntung kebakaran itu tidak sampai mengganggu proses berjalannya ritual kasada ini, saya sejak semalam hingga saat ini di Pura Agung, merasa tidak terganggu oleh fenomena tersebut," tandasnya. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close