-->

05/07/2024

Perkuat Literasi Masyarakat, Disarpus Lumajang Gelar Bimtek Transformasi Perpustakaan

Perkuat Literasi Masyarakat, Disarpus Lumajang Gelar Bimtek Transformasi Perpustakaan


Lumajang, (Onenewsjatim)
-Lumajang, (Onenewsjatim)-Dalam rangka meningkatkan kualitas perpustakaan dan literasi masyarakat, 62 pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan 1 Taman Baca Masyarakat (TBM) di wilayah Lumajang mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) diadakan oleh Perpustakaan Nasional secara daring.

Acara ini berlangsung selama dua hari, 3-4 Juli 2024, di ruang auditorium Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.

Bimbingan Teknik (Bimtek) bertajuk Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK) - Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Tutik Endriyani, Pustakawan Disarpus Lumajang, menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas perpustakaan dan mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

"Perpustakaan yang bertransformasi adalah perpustakaan yang menerapkan 3 strategi program, yaitu peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi," jelas Tutik.

Lebih lanjut, Tutik menjelaskan bahwa peningkatan layanan informasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menambah koleksi buku, menata layout perpustakaan, dan memperluas akses internet. Sedangkan, pelibatan masyarakat dapat dilakukan dengan mengidentifikasi masalah, merancang kegiatan, mencari dukungan sumberdaya, promosi dan mobilisasi peserta, serta pemantauan dan evaluasi.

Advokasi dan Pengelolaan Perpustakaan yang Efektif

"Kegiatan advokasi terdiri dari lobi, kemitraan, dan promosi. Contoh kegiatan advokasi, mengadvokasi kades untuk mendapatkan komputer perpus atau pihak lain. Kegiatan promosi dilaksanakan dengan banyak hal diantaranya promosi melalui media elektronik, cetak, atau media sosial," tuturnya.

Tutik juga menambahkan bahwa pengelolaan perpustakaan perlu dilakukan secara efektif dan efisien, termasuk pengelompokan koleksi sesuai subjek dan pelestarian bahan pustaka.

"Perpustakaan melalui TPBIS menjadi sarana belajar siswa dengan menyediakan akses informasi dan bahan belajar yang beragam serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif," jelasnya.

Mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Bimtek SPP-TIK ini diharapkan dapat membantu para pengelola perpustakaan di Lumajang dalam mengimplementasikan strategi TPBIS dengan tepat dan optimal. Selain itu, Bimtek ini juga membahas tentang penguatan literasi masyarakat melalui TPBIS untuk mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

"Diharapkan dengan Bimtek ini, perpustakaan di Lumajang dapat memainkan peran yang lebih strategis dalam meningkatkan literasi masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkas Tutik. (Imam) 

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close