-->

17/07/2024

Pj Gubernur Jatim Dukung Desa Mandiri Kembangkan Destinasi Wisata, Tumpak Selo Jadi Contoh

Pj Gubernur Jatim Dukung Desa Mandiri Kembangkan Destinasi Wisata, Tumpak Selo Jadi Contoh


Lumajang, (onenewsjatim)
- Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, didampingi Penjabat Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan kunjungan ke Wisata Tumpak Selo di Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, pada Rabu (17/7/2024).

Dalam kunjungannya, Adhy Karyono mengungkapkan rasa ketertarikannya dengan potensi wisata di Desa Tumpak Selo. Ia melihat bahwa desa ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi desa mandiri dengan mengandalkan sektor pariwisata.

"Saya lihat Wisata Tumpak Selo ini bisa mandiri, karena kepala desa memang bertanggung jawab penuh dan berdedikasi tinggi untuk menjadikan wisata ini sebagai sumber pendapatan desa," ujar Adhy Karyono.

Menurut Adhy, desa-desa mandiri yang memiliki destinasi wisata seperti Tumpak Selo dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke Jawa Timur, khususnya wisatawan domestik.

"Keberadaan desa-desa mandiri dengan destinasi wisata unggulan dapat membantu menarik lebih banyak wisatawan domestik untuk berkunjung ke Jawa Timur," jelas Adhy.

KIP Foundation merupakan organisasi yang fokus pada pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam membangun dan membina desa wisata. KIP Foundation membantu mengidentifikasi potensi wisata di desa dan mengembangkannya menjadi destinasi wisata yang menarik.

"Kami berharap program ini tidak hanya berlangsung selama lima tahun, tetapi berlanjut dan memberikan kesempatan serta percepatan pengembangan desa wisata di seluruh Jawa Timur," tutur Adhy Karyono.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan berbagai bantuan kepada desa-desa mandiri, seperti melalui BUMDesa, Jatimpuspa, Jatimberdaya, dan KIP Foundation. Bantuan tersebut meliputi pengembangan kapasitas, pembangunan glamping ground, dan pelatihan manajemen.

"Selain itu, kami juga memberikan bantuan spontanitas untuk menyempurnakan destinasi wisata, seperti pembangunan toilet dan sarana prasarana lainnya," pungkas Adhy Karyono.(Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close