-->

22/08/2024

Babinsa Bersama Petani Labruk Kidul Pasang Titoalda, Harapan Baru Atasi Hama Tikus

Babinsa Bersama Petani Labruk Kidul Pasang Titoalda, Harapan Baru Atasi Hama Tikus


Lumajang, (Onenewsjatim)-
Untuk mengendalikan Organisme Pengganggu Hama (OPH) tikus yang sering meresahkan petani, Babinsa Labruk Kidul Koramil 0821-19/Sumbersuko Serka Nizar Lutfi bersama petani melaksanakan kegiatan pemasangan Rumah Burung Hantu atau Titoalda di area persawahan Poktan Antrukan Makmur, Dusun Krajan Timur, Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Kamis (22/8/2024). 

Saat dikonfirmasi Serka Nizar Lutfi mengatakan, pentingnya pemasangan Titoalda sebagai salah satu metode pengendalian hama tikus yang efektif dan ramah lingkungan. Para petani diberikan penjelasan mengenai cara kerja burung hantu sebagai predator alami tikus, serta proses pemasangan rumah burung hantu di area persawahan.

“Titoalda sebagai salah satu metode pengendalian hama tikus yang efektif dan ramah lingkungan. Kami mengimbau kepada para petani dari penjelasan mengenai cara kerja burung hantu. Pemasangan ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi populasi tikus yang merusak tanaman padi, sehingga hasil panen dapat meningkat dan kesejahteraan petani terjaga,” kata Serka Nizar Lutfi.

Ketua Poktan Antrukan Makmur, P. Sihabudin, menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan perans serta pihak terkait dalam kegiatan itu.

Ia berharap, metode pengendalian hama tikus dengan memanfaatkan burung hantu ini dapat berjalan efektif dan menjadi solusi jangka panjang bagi para petani di Desa Labruk Kidul.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan populasi hama tikus di area persawahan Poktan Antrukan Makmur dapat ditekan secara signifikan, sehingga pertanian di Desa Labruk Kidul semakin produktif dan berkelanjutan,” pungkasnya. (Pendim0821)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close