-->

15/08/2024

Babinsa Sruni: Pahlawan Kecil di Balik Kesehatan Balita

Babinsa Sruni: Pahlawan Kecil di Balik Kesehatan Balita


Lumajang, (Onenewsjatim) -
Dalam upaya mendukung program pemerintah menuju Indonesia Sehat, Babinsa Sruni Koramil 0821/05 Klakah, Serka Muhammad Nimin, aktif melaksanakan pendampingan dalam kegiatan pelayanan Posyandu Balita bertempat di Dusun Krajan RT 003 RW 002 Desa Sruni, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (15/8/2024).

Kehadiran Babinsa dalam kegiatan Posyandu bukanlah hal yang baru, namun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat, khususnya ibu-ibu dan balita, dalam memanfaatkan layanan kesehatan dasar yang disediakan oleh pemerintah. 

Dalam kesempatan itu, Serka Muhammad Nimin mengatakan, bahwa Posyandu menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi ibu hamil, balita, dan anak-anak, dengan fokus pada pencegahan stunting dan peningkatan gizi masyarakat.

"Pendampingan Posyandu dilaksanakan di balai desa ini untuk mendorong minat warga datang ke Posyandu, agar dapat memperoleh pemeriksaan dan pelayanan dari bidan. Dengan demikian, program pemerintah menuju Indonesia Sehat tercapai dengan maksimal," kata Serka Muhammad Nimin saat ditemui di lokasi kegiatan.

Sebanyak 18 balita yang saat itu hadir, mendapatkan pemeriksaan kesehatan, penimbangan berat badan, serta pemberian vitamin dan imunisasi. 

Ditempat yang sama, Bidan Desa Sruni, Suciati, S.Keb., mengatakan, bahwa kehadiran bidan dan tenaga kesehatan serta Babinsa untuk memantau kegiatan Posyandu di wilayah, dengan memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat. 

“Posyandu tidak hanya menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, tetapi juga sebagai wadah edukasi bagi para ibu dalam memahami pentingnya gizi seimbang, perawatan kesehatan anak, serta deteksi dini terhadap penyakit yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak,” kata Suciati.

Ditempat terpisah, Danramil Klakah, Kapten Arm Aji Joyo Kumoro, menekankan pentingnya peran Babinsa dalam kegiatan pendampingan Posyandu. Tidak hanya sebatas pada kehadiran fisik semata, tetapi juga bagaimana Babinsa dapat berperan dalam mengedukasi masyarakat dan memberikan pemahaman yang benar mengenai pentingnya kesehatan keluarga dan peran Posyandu dalam upaya pencegahan penyakit serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Kami selalu menekankan kepada seluruh anggota Babinsa untuk terus aktif dalam pendampingan Posyandu. Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mendukung program kesehatan menuju Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Kegiatan pendampingan Posyandu, diharapkan dapat terus berjalan dengan baik dan berkesinambungan, sehingga target-target yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dapat tercapai dengan optimal. Kolaborasi antara TNI, tenaga kesehatan, dan masyarakat di tingkat desa merupakan kunci dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera. (Pendim0821)


Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close