-->

05/08/2024

Pemkab Lumajang Gencarkan Distribusi Air Bersih Selama 118 Hari

Pemkab Lumajang Gencarkan Distribusi Air Bersih Selama 118 Hari

Pj Bupati Lumajang lepaskan Mobil Tangki Air di Pendopo

Lumajang, (Onenewsjatim)
– Kekeringan yang melanda Kabupaten Lumajang akibat musim kemarau membuat ribuan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Menanggapi situasi darurat ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan air bersih selama 118 hari.

Penyaluran bantuan ini dimulai pada awal Agustus 2024, dengan target 18 desa di 7 kecamatan yang paling terdampak kekeringan. 

Sebanyak 9 armada truk tangki air bersih disiagakan untuk menjangkau puluhan titik distribusi di wilayah tersebut.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang kesulitan air bersih. 

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga selama musim kemarau," ujar Yuyun.

Bantuan air bersih ini akan terus diberikan hingga akhir November 2024, dengan kemungkinan perpanjangan jika kondisi kekeringan masih berlangsung. 

Selain menyalurkan air bersih, Pemkab Lumajang juga mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama dalam mengatasi dampak kekeringan dan menjaga kelestarian lingkungan. 

“Saya mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mengatasi kekeringan serta menjaga ekosistem lingkungan agar dampak kekeringan dapat diminimalisir,” tambahnya.

Yuyun menyebutkan, Pelaksanaan bantuan air bersih tersebut akan berlangsung selama 118 hari, dari 5 Agustus 2024 hingga 30 November 2024, sebanyak 9 armada truk tangki air bersih akan melayani 18 desa di 7 kecamatan Kabupaten Lumajang, termasuk Kec. Ranuyoso, Klakah, Kedungjajang, Gucialit, Padang, Lumajang, dan Tempeh.

"Penyaluran bantuan air bersih ini mencakup 37 titik di Kecamatan Ranuyoso, 9 titik di Kecamatan Klakah, 11 titik di Kecamatan Kedungjajang, 108 titik di Kecamatan Gucialit, 11 titik di Kecamatan Padang, 16 titik di Kecamatan Lumajang, dan 21 titik di Kecamatan Tempeh,"  Jelasnya. (Imam) 


Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close