-->

14/08/2024

Pendampingan Hanpangan Babinsa di Lumajang: Upaya TNI Mendukung Ketahanan Pangan Nasional

 Pendampingan Hanpangan Babinsa di Lumajang: Upaya TNI Mendukung Ketahanan Pangan Nasional


Lumajang,(Onenewsjatim)
-Babinsa Sarikemuning Koramil 0821/03 Senduro, Serda Muhammad Triwijayanto, kembali menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional melalui pendampingan langsung kepada petani. Salah satunya kegiatannya di lahan jagung seluas 1,25 hektar milik Sulas, anggota Kelompok Tani (Poktan) “Baru Muncul” Dusun Krajan, Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Rabu (14/8/2024).

Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari program Hanpangan (Ketahanan Pangan) yang menjadi salah satu prioritas utama TNI dalam membantu pemerintah mewujudkan swasembada pangan di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Dirinya melakukan pendampingan perawatan tanaman jagung dengan penyemprotan obat hama ulat daun, salah satu ancaman serius bagi produktivitas tanaman jagung.

Dalam keterangannya, Serda Muhammad Triwijayanto menyampaikan, pendampingan yang dilakukan dalam menghadapi tantangan cuaca dan serangan hama yang bisa mengancam keberhasilan panen. Dengan adanya pendampingan diharapkan petani mampu mengantisipasi dan menanggulangi masalah yang muncul dalam proses budidaya tanaman, sehingga hasil panen bisa optimal.

"Kegiatan pendampingan Hanpangan ini merupakan upaya TNI membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan dan mendukung program pemerintah dengan harapan semoga hasil panen jagung petani akan lebih meningkat." kata Serda Muhammad Triwijayanto.

Lebih lanjut, peran aktif Babinsa dalam kegiatan Hanpangan ini tidak hanya sebatas pendampingan teknis. Serda Muhammad Triwijayanto juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani yang menjadi tulang punggung ketahanan pangan nasional.

Sulas, pemilik lahan yang didampingi oleh Babinsa, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dan bantuan yang diberikan oleh TNI dalam mendorong para petani. 

"Kami sangat terbantu dengan pendampingan dari Babinsa. yang telah memberikan pendampingan dan bantuan dalam perawatan tanaman jagung kami. Dengan adanya penyemprotan obat hama ini, kami berharap tanaman jagung kami dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang melimpah lebih baik dari sebelumnya," pungkasnya. (Pendim0821)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close