-->

07/08/2024

Surabaya Bangun Terowongan Estetik, Hubungkan TIJ dan KBS

Surabaya Bangun Terowongan Estetik, Hubungkan TIJ dan KBS

Wali kota surabaya Eri Cahyadi tinjau pembangunan terowongan pejalan kaki

Surabaya, (Onenewsjatim) –
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau pembangunan terowongan pejalan kaki. Terowongan ini menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Terowongan tersebut memiliki lebar 4 meter dan tinggi 172 meter, Selasa (6/8/2024). 

Eri menjelaskan bahwa pengerjaan tiang pancang TIJ-KBS hampir selesai. Pengerjaan sempat terhenti karena adanya kebocoran pipa PDAM. Ia menargetkan pemasangan tiang pancang selesai pada minggu ketiga Agustus. Pengerjaan lainnya di harapkan dapat segera di mulai setelah itu.

“Setelah tiang pancang mendekati KBS, pekerjaan akan lebih cepat,” kata Eri.

Pembangunan terowongan secara struktural di targetkan selesai pada September. Sementara itu, pengerjaan arsitektur dan finishing di targetkan selesai pada Oktober 2024.

Eri Cahyadi juga mengatakan bahwa mereka akan melakukan pemeriksaan kembali pada September. Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah terowongan sudah berfungsi dengan baik hingga pintu masuk KBS bagian selatan.

Menurut Wali Kota, struktur terowongan telah mencapai 70 persen penyelesaian.

“Tinggal menunggu pemasangan tiang pancang, kemudian pembangunan akan segera di lanjutkan,” tambahnya.

Selain itu, Eri Cahyadi menginstruksikan renovasi pintu masuk selatan KBS yang berada di depan terowongan. Ia meminta Asisten 1 untuk berkoordinasi dengan Cipta Karya. Tujuannya agar pengunjung dapat merasakan suasana berbeda saat masuk dari terowongan menuju KBS.

Direktur Utama KBS, Khoirul Anwar, menyatakan bahwa renovasi pintu masuk selatan akan di mulai setelah terowongan selesai. Pihaknya sedang membuat masterplan untuk renovasi tersebut. Konsep yang di usung adalah industrialis dengan nuansa alami.

“Pintu masuk selatan akan dibuat lebih modern dengan relief buatan dari bahan alami dan sentuhan kayu,” ujar Khoirul. (red) 

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close