-->

17/08/2024

Tradisi Kerapan Kerbau Warnai Perayaan HUT RI di Lumajang

Tradisi Kerapan Kerbau Warnai Perayaan HUT RI di Lumajang


Lumajang, (Onenewsjatim)
– Semarak kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun ini terasa begitu kental di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang. Pasalnya, warga setempat menggelar perlombaan tradisional yang sudah dinantikan, yakni kerapan kerbau.

Ajang adu cepat pasangan kerbau ini berhasil menyedot perhatian ratusan pasang mata. Sebanyak 15 pasang kerbau yang kuat dan tangguh siap berlaga di arena sepanjang seratus meter. Masing-masing pasangan kerbau dipandu oleh seorang joki berkuda yang piawai.

"Kerapan kerbau ini bukan hanya sekadar lomba, tapi juga menjadi tradisi yang sangat berarti bagi masyarakat kami," ungkap Kepala Desa Karangsari, Sugiantoro. 

Menurutnya, acara ini menjadi wadah bagi para pecinta kerapan kerbau untuk menyalurkan hobi sekaligus merayakan kemerdekaan Indonesia.

Lebih lanjut, Sugiantoro menjelaskan bahwa kerapan kerbau juga memberikan manfaat bagi sektor pertanian.

"Lumpuran bekas pacuan kerbau akan membuat tanah menjadi lebih subur dan siap untuk ditanami padi," ujarnya.

Selain itu, acara ini juga berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Berbagai UMKM yang menjajakan makanan dan minuman laris manis diburu pengunjung. 

"Kami berharap kerapan kerbau bisa menjadi agenda tahunan yang semakin meriah dan bermanfaat bagi semua pihak," pungkas Sugiantoro. (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close