-->

17/09/2024

Dukung STBM, Pemerintah Desa Sememu Fasilitasi Jambanisasi untuk Warga Kurang Mampu

Dukung STBM, Pemerintah Desa Sememu Fasilitasi Jambanisasi untuk Warga Kurang Mampu




Lumajang, (Onenewsjatim)
-Dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah desa terus mengoptimalkan program Jambanisasi sebagai salah satu upaya konkret untuk memenuhi kebutuhan dasar warga, terutama bagi mereka yang kurang mampu. dengan tujuan meningkatkan akses terhadap sanitasi yang layak di setiap rumah tangga.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Sememu Koramil 0821-08/Pasirian, Sertu Faisol Akhmadi, saat turut serta dalam mengawasi pelaksanaan dan memastikan bantuan Jambanisasi kepada warga kurang mampu, yang dilaksanakan di Dusun Ketewel Barat, RT 008 RW 005, Desa Sememu, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (17/9/2024).

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi tugas Binter (Pembinaan Teritorial) dalam mendukung program pemerintah desa dalam kegiatan Jambanisasi bagi warga kurang mampu. Selain itu, kami juga ikut mengawal agar bantuan benar-benar tepat sasaran,” kata Sertu Faisol Akhmadi.

Sementara itu, Kepala Dusun Ketewel Barat, Khoir, menyatakan bahwa pembangunan jamban bagi warga kurang mampu merupakan prioritas utama dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan layak huni. 

“Kami sangat bersyukur atas dukungan dalam mengawal program dari pemerintah desa. Program ini sangat membantu warga kami, terutama mereka yang selama ini kesulitan memiliki fasilitas sanitasi yang layak,” ujar Khoir.

Selain itu, program Jambanisasi juga menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap program nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan. Dengan adanya fasilitas sanitasi yang memadai, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari berbagai penyakit menular yang sering kali timbul akibat buruknya sistem sanitasi, seperti diare dan infeksi saluran pencernaan. (Pendim0821)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close