-->

10/09/2024

Inovasi Pertanian! Rubuha Jadi Senjata Ampuh Atasi Hama Tikus

Inovasi Pertanian! Rubuha Jadi Senjata Ampuh Atasi Hama Tikus


Lumajang, (Onenewsjatim)-
Dalam rangka memberikan pendampingan kepada para petani dan mendukung upaya peningkatan hasil pertanian, Personel Koramil 0821-15/Tekung bersama Pemerintah Desa Tukum dan UPT Pertanian Kecamatan Tekung melaksanakan kegiatan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berupa hama tikus, di lahan pertanian milik Ruben, warga Dusun Pandanwangi RT 003 RW 005, Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (10/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Lettu Inf Poniran, mengatakan, bahwa pengendalian hama tikus ini dilakukan dengan pemasangan Rumah Burung Hantu (Rubuha) dengan pemasangan Rubuha itu sendiri merupakan salah satu metode alami yang efektif untuk mengendalikan populasi hama tikus di lahan pertanian.

"Kegiatan ini sebagai wujud pendampingan TNI kepada petani. Salah satu upaya untuk pengendalian OPT, khususnya hama tikus, adalah dengan pemasangan Rubuha. Ini juga merupakan cara untuk melestarikan dan menjaga keberadaan burung hantu di areal persawahan," ujar Lettu Inf Poniran.

Marianti Dwi Kurniasari, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kecamatan Tekung, mengapresiasi langkah ini sebagai sinergi positif antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu peningkatan hasil pertanian dan kesejahteraan petani. 

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan kerjasama antara TNI, pemerintah desa, dan para petani, kita bisa menciptakan lingkungan pertanian yang lebih sehat dan produktif," pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan upaya pengendalian hama tikus melalui pemasangan Rubuha dapat berjalan efektif dan berdampak positif bagi peningkatan hasil pertanian di wilayah Kecamatan Tekung khususnya dan Kabupaten Lumajang umumnya. (Pendim0821)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close