-->

03/09/2024

Kirab Meriah Sambut Pilkada Lumajang, Maskot Si Jalih Curi Perhatian

Kirab Meriah Sambut Pilkada Lumajang, Maskot Si Jalih Curi Perhatian


Lumajang, (Onenewsjatim)
– Suasana meriah menyelimuti Kabupaten Lumajang dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 27 November 2024. Salah satu daya tarik utama adalah arak-arakan maskot burung Si Jalih yang ikonik, yang melintasi jalanan kota menuju Pendopo Arya Wiraraja pada Selasa (3/9/2024).

Arak-arakan ini dimulai dari Jalan Panglima Sudirman, diiringi oleh penampilan kostum unik dari 21 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Keberagaman budaya Lumajang semakin semarak dengan adanya pertunjukan seni dan budaya yang turut memeriahkan acara.

Ketua KPU Lumajang, Henariza Febriadmadja, menjelaskan bahwa maskot Si Jalih merupakan inisiatif KPU Lumajang untuk menyemarakkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada. 

"Maskot ini akan kita serahkan ke KPU Jember pada 27 September mendatang," ujarnya.

Henariza menambahkan, tujuan utama dari kirab ini adalah untuk mengajak masyarakat agar turut serta dalam pesta demokrasi. 

"Kami ingin masyarakat antusias untuk datang ke TPS dan memilih pemimpin daerah yang mereka inginkan," ungkapnya.

Konsep kearifan lokal menjadi ciri khas dalam acara ini. Setiap peserta dari 21 kecamatan menampilkan kekhasan daerahnya masing-masing, mulai dari tarian tradisional, pakaian adat, hingga pertunjukan musik. Bahkan, hasil bumi khas Lumajang pun turut dibagikan kepada masyarakat.

"Kami ingin menunjukkan kekayaan budaya Lumajang melalui acara ini. Dengan begitu, masyarakat semakin mencintai daerahnya dan ikut serta dalam pembangunan," pungkas Henariza.(Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close