-->

17/09/2024

Panen Raya Cabai Rawit Merah Lumajang Tekan Laju Inflasi

Panen Raya Cabai Rawit Merah Lumajang Tekan Laju Inflasi


Lumajang, (Onenewsjatim)
– Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendukung sektor pertanian. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya panen raya cabai rawit merah di Desa Jatigono, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Selasa (17/9/2024)

Kegiatan yang dilaksanakan di lahan seluas 1800 meter milik Rudi dihadiri langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Lumajang, Hari Susiati, bersama Kepala Dinas DKPP Lumajang, Retno Wulan Andari.

Dalam sambutannya, Hari Susiati menyampaikan, Panen raya ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap para petani. 

"Kita berharap, dengan adanya panen raya ini dapat meningkatkan produksi cabai rawit merah dan pada akhirnya dapat menekan laju inflasi," Ujarnya.

Lebih lanjut, Hari Susiati juga menjelaskan cabe merupakan komoditas pertanian salah satu penyumbang inflasi, kabupaten lumajang merupakan salah satu sentra cabe di jawa timur.

Ia menghimbau kepada seluruh jajaran yang peduli dengan petani dan produk unggulan kabupaten Lumajang agar lebih berperan dan bekerjasama meningkatkan mutu dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing, sehingga dengan sendirinya kesejahteraan petani meningkat dan perekonomian kabupaten lumajang juga meningkat.

"Dengan meningkatnya produksi pertanian, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DKPP Lumajang, Retno Wulan Andari, menambahkan bahwa pihaknya akan terus memberikan pendampingan kepada para petani agar hasil panen mereka semakin meningkat. 

Retno menjelaskan, Mendukung upaya pengendalian inflasi daerah khususnya Cabe Rawit Merah dan penumbuhan daya beli masyarakat, kenaikan harga sumber energy vital dan untuk lebih menggairahkan usaha petani dalam melakukan usaha agribisnis pertanian. 

"Panen raya cabai rawit merah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi petani lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas pertanian," jelasnya.

Produk Unggulan Kecamatan Kunir adalah cabe rawit seluas 874 ha dari 2.151 ha Kabupaten Lumajang yang merupakan terluas se Kabupaten Lumajang.

"Untuk menghadapi harga cabe rawit yang fluktuatif maka dilakukan kerjasama dengan Indofood dengan harga yang disepakati," pungkas Retno (Imam)

Baca Artikel Terkait Lainnya

Baca juga Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Onenewsjatim | All Right Reserved
close